Mahasiwa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Ikuti Seleksi Magang ke Jepang

FT UNY memperluas kerjasama untuk magang dengan dua perusahaan asal Jepang yaitu Sanyo Tec CO.,LTD dan Kowatech CO.LTD. Presiden Direktur Sanyo Tec CO.,LTD, Mr. Asano Kimitaka dan Wakil Direktur Kowatech CO.LTD, Mr. Yoshio Asama secara langsung datang ke FT UNY untuk melakukan proses seleksi mahasiswa yang akan mengikuti magang di perusahaan mereka. Sanyo Tec Co LTD merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri alat berat, sedangkan Kowa Tech bergerak dalam lini bisnis yang meliputi pembuatan atau perakitan mobil penumpang lengkap.

Pada kesempatan magang kali ini, akan diambil sembilan mahasiswa yang berasal dari Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dan Pendidikan Teknik Mesin untuk diberangkatkan mengikuti program magang. Wakil Dekan bidang akademik, Moh. Khoirudin, Ph.D menjelaskan bahwa waktu pemberangkatan masih menunggu beberapa syarat perizinan. “Magang ke Jepang telah menjadi program berkelanjutan bagi FT UNY di mana sebelumnya kami juga telah mengirimkan mahasiswa ke Domremy Co., Ltd dan Sagami Co.Ltd. Selama di Jepang, meraka benar-benar bekerja secara profesional dan mendapat gaji bulanan sesuai standar perusahaan,” paparnya.

Moh. Khoirudin lebih lanjut menyampaikan keyakinannya bahwa banyak sekali manfaat yang akan diperoleh mahasiswa selama magang. Setidaknya, mahasiswa akan memiliki wawasan dan pengalaman mengenai budaya di Jepang seperti kedisiplinan, etos kerja, pola pikir, pemecahan masalah, inovasi, dan kreativitas sehingga akan menjadi pengalaman berharga untuk membentuk mahasiswa yang berkualitas internasional. "Melakukan program internship di luar negeri bukan hanya semata menambah bobot dari curriculum vitae, namun lebih kepada ilmu, networking dan pengalaman yang tak tenilai,” terangnya lebih lanjut.