Java CAD & 3G Welding Competition

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2016 ini kembali menyelenggarakan Mechanical Fair. Mechanical Fair (MF) merupakan kegiatan rutin tahunan yang berisikan serangkaian kegiatan bertema keteknikan dan pengabdian masyarakat. Pada tahun 2016 ini kegiatan yang diselenggarakan adalah:

1. Java CAD Competition 2016
2. 3G Welding Competition 2016
3. Seminar Pendidikan Vokasi
4. Donor Darah

Java CAD Competition merupakan lomba desain dengan menggunakan software CAD, sedangkan 3G Welding Competition merupakan lomba bidang pengelasan posisi 3G. Kedua jenis perlombaan ini ditujukan untuk siswa SMK se-Jawa dan berlangsung pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 di Lab. Gambar dan Bengkel Fabrikasi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Pada tahun ini, kegiatan diikuti oleh 27 SMK Negeri dan Swasta dengan rincian Java CAD Competition 34 Peserta dan 3G Welding Competition 32 peserta.

1. Java CAD Competition
Peserta Java CAD Competition berasal dari SMK berbagai daerah yaitu: SMK N 7 Semarang, SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 2 Pengasih, SMK Wisuda Karya Kudus, SMK N 2 Cilacap, SMK Mikael Surakarta, SMK 3 PGRI Malang, SMK N 3 Yogyakarta, SMK N 1 Windusari, SMK N 2 Depok, SMK N 2 Wonosari, SMK N 1 Karawang, SMK N 1 Purworejo, SMK Muh 1 Bantul, SMK Muh 3 Yogyakarta, SMK N 2 Salatiga, SMK Muh 2 Salam, SMK N Ampel Gading, SMK N 5 Kendal dan SMK Muh 2 Jatinom. Para peserta terlihat sangat antusias mulai dari technical meeting hingga saat perlombaan berlangsung. Dewan juri berjumlah 3 orang, yaitu 2 orang dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin (JPTM) FT UNY dan satu orang praktisi dari Force Institute. Kedua orang dosen JPTM tersebut adalah Yatin Ngadiyono, M.Pd. dan Febrianto Amri R. M.Eng. MSc. yang sudah memiliki pengalaman dan sertifikat asesor, sedangkan juri ketiga adalah Hamid Abdillah, M.Pd.

”Lomba ini bukan sekedar mencari siapa yang menang atau kalah, lebih jauh dari itu acara ini merupakan ajang untuk mengukur kemampuan diri dari masing – masing peserta serta sekaligus untuk membentuk forum diskusi dan silaturahmi antar siswa SMK se-Jawa”. Ungkap Bapak Yatin Ngadiyono saat ditemui di sela-sela lomba. Dalam perlombaan ini, Juara I di raih oleh SMK N 7 Semarang atas nama M. Ali Yafi, Juara II diraih oleh SMK N 2 YK atas nama Fajar Samodro, Juara III diraih oleh SMK N 2 Pengasih atas nama Wildan Jauhari, Juara Harapan I diraih oleh SMK Wisuda Karya Kudus atas nama Rifki Yudha Prasetya, dan Juara Harapan II dIraih oleh SMK N 2 Cilacap atas nama Krisna Indra Jaya.

2. 3G Welding Competition
3G Welding Competition diikuti 19 SMK yaitu SMK N 1 Kebonsari, SMK N 1 Bendo Magetan, SMK Boedi Oetomo Cilacap, SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 2 Pengasih, SMK N 2 Cilacap, SMK 3 PGRI Malang, SMK N 3 Yogyakarta, SMK N 2 Wonosari, SMK N 1 Karawang, SMK N 1 Purworejo, SMK Muh 1 Bantul, SMK Muh 3 Yogyakarta, SMK N Ampel Gading, SMK N 3 Salatiga, SMK Jetis Mojokerto, SMK N 3 Purbalingga, SMK N 1 Kismantoro Wonogiri, dan SMK Muh 2 Jatinom. Lomba welding ini dibersamai oleh 2 Dewan Juri dari JPTM FT UNY, yaitu Riswan Dwi Djatmiko, M.Pd dan Soeprapto Rahmat Said, M.Pd. Kedua dewan juri merupakan dosen pengelasan yang sudah memiliki sertifikat asesor. “ acara ini sudah bagus karena jumlah peserta yang mencapai 32 anak, akan tetapi untuk tahun depan persiapan bisa lebih dimatangkan lagi untuk hasil yang lebih baik”, ungkap Bapak Riswan. Hasil akhir dari lomba ini, untuk jura I diraih oleh SMK N 3 YK atas nama Suza Arif A, Juara II diraih oleh SMK N 1 Karawang atas nama Achmad Damiri, Juara III diraih oleh SMK N 2 Cilacap, dan untuk Juara Harapan I diraih oleh SMK N 1 Kebonsari atas nama Toga Syaiful Rifa’i.

Antusiasme tidak hanya ditunjukkan oleh peserta lomba, tetapi juga oleh jajaran birokrasi tingkat Jurusan dan Fakultas. Dr. Sutopo, M.T., dan Dr. Widarto, M.Pd. selaku Kajur JPTM FT UNY dan Dekan Fakultas Teknik UNY sangat mengapresiasi kegiatan ini dengan datang ke tempat lomba saat acara berlangsung. Ditemui secara terpisah, Teguh Raharjo Selaku ketua MF tahun 2016 mengungkapkan bahwa“ Acara ini merupakan bentuk nyata kontribusi mahasiswa JPTM FT UNY kepada SMK sebagai salah satu stakeholder UNY. Selaian itu, kegiatan MF juga bertujuan untuk memperkenalkan JPTM FT UNY kepada seluruh SMK sejawa dan menumbuhkan semangat “solidarity forever” seluruh panitia Mechanical Fair 2016”.(m.bardan, surono)