Gelar Produk dan Ujian Karya Teknologi Mahasiswa 2018

Mahasiswa D-III Teknik Mesin wajib membuat Karya Teknologi (Kartek) sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Ahli Madya. Produk-produk Kartek tersebut harus lulus dalam uji kelayakan produk yang dikemas dalam kegiatan Gelar Produk dan Ujian Kartek. Penilaiannya mencakup: 1) Desain, 2) Inovasi, 3) Kemanfaatan, 4) Kinerja, 5) Kelengkapan Dokumen (leaflet, poster, banner, buku manual). Gelar Produk dan Ujian Kartek pada kesempatan kali ini diselenggarakan bersamaan dengan kegiata Dies FT ke 57 pada tanggal 7 Februari 2018.

Karya Teknologi Mahasiswa yang dihasilkan adalah:

  1. Mesin Mixer Pupuk. Karya Ketut Sastrawan dan Arifin Hermawan dengan pembimbing Arif Marwanto, M.Pd.
  2. Alat Roll Logam. Karya Didik Maulana, Tegar S, Aryudan B, dan Candra A dengan pembimbing Prof. Dr. Thomas Sukardi dan Dr. Dwi Rahdiyanta, M.Pd.
  3. Mesin Sand Mixer. Karya Fajar YN, Joko S, R Bagus S, dan Faizal Ahmad M dengan pembimbing Aan Ardian, M.Pd. dan Arianto Leman Soemowidagdo, M.T.
  4. Alat Uji Puntir dan Putaran Kritis. Karya Aji Budi Nugroho, Dichy Rizal, Wahyu Utomo, dan Alvian Darmawan dengan pembimbing Dr. Eng. Didik Nurhadiyanto, M.T. dan Paryanto, M.Pd.
  5. Bending Pipe Machine. Karya Bimo Satria, Rizki Aji D, dan Riski K dengan pembimbing Febrianto Amri Ristadi, M.Eng. Sc. dan Yatin Ngadiyono, M.Pd.
  6. Mesin Chuck Pipe Gas Cutting. Karya Yamin Ismail dan Faiz Himawan dengan pembimbing Riswan Dwi Djatmiko, M.Pd.
  7. Mesin Pengolah Bahan Bakar Alternatif Olium Berbahan Dasar Limbah Minyak Berat. Karya Faizal Fendi R, Agung Prastiyo, Devan Rosi H, dan Aditya Alwi N dengan pembimbing Dr. Mujiyono, M.T., W.Eng., IPM. dan Soeprapto Rachmad Said, M.Pd.

 

Selain untuk keperluan akademik, kegiatan gelar produk juga menjadi  media publikasi kepada masyarakat luas mengenai produk-produk karya teknologi yang dihasilkan mahasiswa. Diharapkan semua pihak yang berkepentingan dapat memanfaatkannya baik untuk tujuan komersial maupun pengembangan ilmu. (sr)