DOSEN CPNS JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN MEMBUAT POB KULIAH DARING DENGAN VIDEO CONFERENCES

Adanya pandemi Covid-19 membuat pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin hingga akhir tahun 2020 dilaksanakan secara daring. Metode pembelajaran daring yang dilakukan dosen bervariasi meliputi: video conferences, learning management system melalui besmart atau platform pendukung lainnya, dan media sosial. Tentunya, ini akan menjadi kendala bagaimana memastikan mutu pembelajaran daring tetap terjaga. Salah satu metode pembelajaran daring dengan video conferences dapat menjadi pijakan untuk memastikan mutu pembelajaran kelas maya dapat dikelola apabila ada Prosedur Operasional Baku (POB).

Sebagai peserta Latsar CPNS Angkatan ke 5, Gelombang 30, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bayu Rahmat Setiadi, M.Pd. dengan tugas tambahan sebagai Gugus Mutu Prodi melihat permasalahan tersebut dengan memberikan usulan untuk membuat POB Kuliah Daring dengan Video Conferences. Melalui mentor Prof. Ir. Moh. Khairudin, M.T., Ph.D., dan coach Dra. Susetyaninsih, M.Pd., POB dikemas dengan enam tahapan utama yaitu: (1) Menyusun rancangan Prosedur Operasional Baku (POB) kuliah daring dengan video conference; (2) Mereview dan memvalidasi Prosedur Operasional Baku (POB) kepada expert; (3) Merevisi hasil review dan validasi berdasarkan masukan dan saran dari expert; (4) Menyusun desain tampilan video conference untuk mata kuliah Transformasi Digital sesuai Prosedur Operasional Baku (POB), memuat nilai-nilai nasionalisme dan organisasi UNY; (5) Mengujicobakan Prosedur Operasional Baku (POB) pada mata kuliah Transformasi Digital; dan (6) Mendiseminasikan Prosedur Operasional Baku (POB) di lingkungan kerja.

POB Kuliah Daring dengan Video Conferences dapat memandu dosen dan mahasiswa dalam mengelola perkuliahan daring melalui video conferences. Dalam POB ini ditekankan bagaimana waktu prakuliah dioptimalkan untuk menguatkan kecintaan kepada Indonesia melalui penyetelan lagu-lagu nasional, daerah, dan kearifan lokal DIY sebagai sentra kebudayaan dan pariwisata. Selain itu, nilai-nilai dasar UNY yang tercantum dalam visi dan misi dapat disosialisasikan secara terus-menerus sehingga dapat menginternalisasi dan tidak akan luntur karena adanya work-from-home. POB disusun kurang lebih 30 hari ini dan telah melalui tahapan review dan validasi serta uji coba pada user.

POB dapat di download disini:

Dengan mempelajari serta mengimplementasi POB Kuliah Daring dengan Video Conferences diharapkan pengelolaan serta mutu pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien serta mengangkat nilai-nilai nasionalisme dan penguatan terhadap nilai dasar organisasi UNY. Kami tim penyusun mengucapkan terimakasih kepada Unit Penjaminan Mutu Fakultas Teknik dan segala pihak yang telah membantu dalam menyuksesan penyelesaian POB.